Panggah

Kata Panggah sering didengar atau ditemukan dalam percakapan sehari-hari ketika menggunakan Bahasa Jawa, jika ingin mengetahui artinya dalam Bahasa Indonesia dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Panggah artinya

Penjelasan Singkat Panggah

/pang·gah/

Apabila di terjemahkan dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia, Panggah artinya adalah Tetap, Kuat, Kokoh atau Tidak Berubah. Kata ini masuk ke dalam Bahasa Jawa Ngoko Kasar yang biasanya digunakan untuk percakapan sehari-hari yang berhubungan dengan keteguhan.

Contoh Penggunaan Dalam Kalimat

Jika masih belum paham penggunakan kata Panggah maka bisa melihat beberapa contoh di bawah ini dalam sebuah kalimat Bahasa Jawa Ngoko yang juga telah disertakan translate.

  1. Urip iku ora seteruse panggah penak, Artinya Hidup itu tidak seterusnya tetap enak.
  2. Kowe ki panggah dilarani terus tapi iseh gelem, Artinya Kamu itu walaupun tetap disakiti tetapi masih mau.
  3. Nek uwong wis panggah ngeyel ki angel, Artinya Kalau orang sudah tetap tidak mau dibilangin itu susah.
  4. Wong kae panggah ruwet dadi asah cerak-cerak, Artinya Orang itu tetap rumit jadi jangan dekat-dekat.
  5. Nek dikon ngewangi jawabane panggah sepele, Artinya Kalau disuruh bantuin jawabnya tetap remeh.

Contoh Penulisan Yang Salah

Dalam beberapa kejadian terdapat penulisan yang kurang tepat dari kata ini seperti pangghah, phanggah, pangah, pagah, puanggah, pepanggah, pang gah. Kata tersebut juga mungkin memiliki arti yang berbeda di bahasa lain atau daerah lain.

Nah itulah informasi singkat mengenai arti panggah tegese, jika ingin tahu terjemahan kata lain bisa belajar di KosakataJawa.com sebagai referensi Kamus Bahasa Jawa online lengkap.

Tinggalkan komentar