Kelon

Kata Kelon sering didengar atau ditemukan dalam percakapan sehari-hari ketika menggunakan Bahasa Jawa, jika ingin mengetahui artinya dalam Bahasa Indonesia dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Kelon artinya

Penjelasan Singkat Kelon

/ke·lon/

Apabila di terjemahkan dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia, Kelon artinya adalah Memeluk Saat Tidur. Kata ini masuk ke dalam Bahasa Jawa Ngoko Kasar yang biasanya digunakan untuk percakapan sehari-hari yang berkaitan dengan rasa kasih sayang saat atau mau tidur. Kadang juga banyak yang bilang Kelonan dalam pengucapannya.

Contoh Penggunaan Dalam Kalimat

Jika masih belum paham penggunakan kata Kelon maka bisa melihat beberapa contoh di bawah ini dalam sebuah kalimat Bahasa Jawa Ngoko yang juga telah disertakan translate.

  1. Anake nangis jaluk kelon, Artinya Anaknya nangis minta tidur dipeluk.
  2. Nek ora dikeloni ora iso turu, Artinya Kalau ngga ditemani dan dipeluk ngga bisa tidur.
  3. Jam semene wayahe kelonan, Artinya Jam segini waktunya tidur dipeluk.
  4. Ra anake ra bapakne jaluk kelon terus, Artinya Tidak anaknya tidak banyapnya minta dipeluk terus saat tidur.
  5. Kesel mbendino ngeloni guling terus, Artinya Cape tiap hari tidur memeluk guling terus.

Contoh Penulisan Yang Salah

Dalam beberapa kejadian terdapat penulisan yang kurang tepat dari kata ini seperti kellon, khelon, kelhon, kuelon, ke lon. Kata tersebut juga mungkin memiliki arti yang berbeda di bahasa lain atau daerah lain.

Nah itulah informasi singkat mengenai arti kelon tegese, jika ingin tahu terjemahan kata lain bisa belajar di KosakataJawa.com sebagai referensi Kamus Bahasa Jawa online lengkap.

Tinggalkan komentar