Budal

Kata Budal sering didengar atau ditemukan dalam percakapan sehari-hari ketika menggunakan Bahasa Jawa, jika ingin mengetahui artinya dalam Bahasa Indonesia dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Budal artinya

Penjelasan Singkat Budal

/bu·dal/

Apabila di terjemahkan dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia, Budal artinya adalah Pulang Breng-Bareng, Bubar. Kata ini masuk ke dalam Bahasa Jawa Ngoko Kasar yang biasanya digunakan untuk percakapan sehari-hari yang berkaitan dengan hal-hal saat mau pergi pas kumpul-kumpul bersama.

Contoh Penggunaan Dalam Kalimat

Jika masih belum paham penggunakan kata Budal maka bisa melihat beberapa contoh di bawah ini dalam sebuah kalimat Bahasa Jawa Ngoko yang juga telah disertakan translate.

  1. Wis sore ayo gek ndang budal, Artinya Sudah sore ayo segera pulang.
  2. Lagi ngumpul dilit wis arep budal, Artinya Baru mengumpul sebentar sudah mau bubar.
  3. Budal seko delok bal-balan macet neng dalan, Artinya Pulang dari lihat sepak bola macet di jalan.
  4. Mengko nek wis arep budal kandani, aku arep nyusul, Artinya Nanti kalau sudah mau bubar kabari, aku mau menyusul.
  5. Budal makaryo mampir tuku cimol, Artinya Pulang dari kerja mampir beli cimol.

Contoh Penulisan Yang Salah

Dalam beberapa kejadian terdapat penulisan yang kurang tepat dari kata ini seperti bhudal, budhal, buddal, bu dal. Kata tersebut juga mungkin memiliki arti yang berbeda di bahasa lain atau daerah lain.

Nah itulah informasi singkat mengenai arti budal tegese, jika ingin tahu terjemahan kata lain bisa belajar di KosakataJawa.com sebagai referensi Kamus Bahasa Jawa online lengkap.

Tinggalkan komentar