Manut

Kata Manut sering didengar atau ditemukan dalam percakapan sehari-hari ketika menggunakan Bahasa Jawa, jika ingin mengetahui artinya dalam Bahasa Indonesia dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Manut artinya

Penjelasan Singkat Manut

/ma·nut/

Apabila di terjemahkan dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia, Manut artinya adalah Menurut, Penurut atau Patuh. Kata ini masuk ke dalam Bahasa Jawa Ngoko Kasar yang biasanya digunakan untuk percakapan sehari-hari yang berkaitan dengan ngikut apa yang ingin dilakukan orang lain.

Contoh Penggunaan Dalam Kalimat

Jika masih belum paham penggunakan kata Manut maka bisa melihat beberapa contoh di bawah ini dalam sebuah kalimat Bahasa Jawa Ngoko yang juga telah disertakan translate.

  1. Dadi uwong ojo manutan to, Artinya Jadi orang jangan penurutlah.
  2. Nek kulo namung manut mawon, Artinya kalau saya hanya menurut saja.
  3. Neng donyo ki manut alure gusti, Artinya Di dunia ini menurut alurnya Tuhan.
  4. Kowe ki manut ra nek diandani wong tuo, Artinya Kamu itu patuh ngga kalau dikasih tahu orang tua?
  5. Nek wong wedok ditekoni jawabannya manut berati bocah kui lagi nesu, Artinya Kalau cewek ditanya jawabannya menurut berarti anak itu lagi marah.

Contoh Penulisan Yang Salah

Dalam beberapa kejadian terdapat penulisan yang kurang tepat dari kata ini seperti mannut, mhanut, manhut, muanut manot, mannot, ma not, man not. Kata tersebut juga mungkin memiliki arti yang berbeda di bahasa lain atau daerah lain.

Nah itulah informasi singkat mengenai arti manut tegese, jika ingin tahu terjemahan kata lain bisa belajar di KosakataJawa.com sebagai referensi Kamus Bahasa Jawa online lengkap.

Tinggalkan komentar