Krungu

Kata Krungu sering didengar atau ditemukan dalam percakapan sehari-hari ketika menggunakan Bahasa Jawa, jika ingin mengetahui artinya dalam Bahasa Indonesia dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Krungu artinya

Penjelasan Singkat Krungu

/kru·ngu/

Apabila di terjemahkan dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia, Krungu artinya adalah Mendengar atau Dengar. Kata ini masuk ke dalam Bahasa Jawa Ngoko Kasar yang biasanya digunakan dalam percakapan untuk menanyakan hal yang didengar atau diketahui.

Contoh Penggunaan Dalam Kalimat

Jika masih belum paham penggunakan kata Krungu maka bisa melihat beberapa contoh di bawah ini dalam sebuah kalimat Bahasa Jawa Ngoko yang juga telah disertakan translate.

  1. Adek dicelok ora krungu, Artinya Adek dipanggil tidak mendengar.
  2. Suoro nyanyiane krungu tekan kene, Artinya Suara nyanyiannya terdengar sampai sini.
  3. Aku krungu kabar nek sesok ono lomba 17an, Artinya Aku mendengar kabar kalau besok ada lomba 17an.
  4. Suoro alarm e sero tapi sik turu ora krungu, Artinya Suara alarmnya besar tapi yang tidur tidak dengar.
  5. Pas malem jumat kliwon krungu suoro medeni neng kebon, Artinya Waktu malam jumat kliwon terdengar suara menyeramkan di kebun.

Contoh Penulisan Yang Salah

Dalam beberapa kejadian terdapat penulisan yang kurang tepat dari kata ini seperti khrungu, krunghu, kungu, krugu, krongu, kru ngu. Kata tersebut juga mungkin memiliki arti yang berbeda di bahasa lain atau daerah lain.

Nah itulah informasi singkat mengenai arti krungu tegese, jika ingin tahu terjemahan kata lain bisa belajar di KosakataJawa.com sebagai referensi Kamus Bahasa Jawa online lengkap.

Tinggalkan komentar