Setut

Kata Setut sering didengar atau ditemukan dalam percakapan sehari-hari ketika menggunakan Bahasa Jawa, jika ingin mengetahui artinya dalam Bahasa Indonesia dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Setut artinya

Penjelasan Singkat Setut

/se·tut/

Apabila di terjemahkan dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia, Setut artinya adalah Ikat Pinggang. Kata ini masuk ke dalam Bahasa Jawa Ngoko Kasar yang biasanya digunakan untuk percakapan yang berhubungan dengan pakaian atau aksesoris yang dipakai.

Contoh Penggunaan Dalam Kalimat

Jika masih belum paham penggunakan kata Setut maka bisa melihat beberapa contoh di bawah ini dalam sebuah kalimat Bahasa Jawa Ngoko yang juga telah disertakan translate. Untuk sebuah kalimat pernyataan atau pertanyaan bisa diimbuhi akhiran ‘e’.

  1. Bapak nganggo setut nek pendak mangkat kerjo, Artinya Bapak pakai ikat pinggang setiap berangkat kerja.
  2. Aku disengeni Bu Guru mergo lali ora nganggo setut, Artinya Aku dimarahi Bu Guru karena lupa tidak memakai ikat pinggang.
  3. Adek tuku setut anyar dinggo sekolah, Artinya Adek beli ikat pinggang baru untuk sekolah.
  4. Setutmu nengendi kok ora nganggo?, Artinya Ikat pinggangmu dimana kok tidak pakai?.
  5. Mau pas ganti klambi setute kancaku keri neng kolah, Artinya Tadi sewaktu ganti pakaian ikat pinggangnya temenku ketinggalan di kamar mandi.

Contoh Penulisan Yang Salah

Dalam beberapa kejadian terdapat penulisan yang kurang tepat dari kata ini seperti shetut, sethut, setot, sethot, shetot, se tut. Kata tersebut juga mungkin memiliki arti yang berbeda di bahasa lain atau daerah lain.

Nah itulah informasi singkat mengenai arti setut tegese, jika ingin tahu terjemahan kata lain bisa belajar di KosakataJawa.com sebagai referensi Kamus Bahasa Jawa online lengkap.

Tinggalkan komentar